Apa Itu MySQL

Pengertian MySQL

MySQL merupakan sebuah perangkat lunak atau software sistem manajemen basis data SQL atau DBMS Multithread dan multi user.

MySQl sebenarnya merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam database untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan secara mudah dan otomatis.

MySQL diciptakan oleh Michael “Monty” Widenius pada tahun 1979, seorang programmer komputer asal Swedia yang mengembangkan sebuah sistem database sederhana yang dinamakan UNIREG yang menggunakan koneksi low-level ISAM

database engine dengan indexing.

MySQL AB merupakan perusahaan komersial Swedia yang mensponsori dan yang memiliki MySQL. Pendiri MySQL AB adalah dua orang Swedia yang bernama David Axmark, Allan Larsson dan satu orang Finlandia bernama Michael “Monty”.

Setiap pengguna MySQL dapat menggunakannya secara bebas yang didistribusikan gratis dibawah lisensi GPL(General Public License) namun tidak boleh menjadikan produk turunan yang bersifat komersial.

Pada saat ini MySQL merupakan database server yang sangat terkenal di dunia, semua itu tak lain karena bahasa dasar yang digunakan untuk mengakses database yaitu SQL.

SQL (Structured Query Language) pertama kali diterapkan pada sebuah proyek riset pada laboratorium riset San Jose, IBM yang bernama system R.

Kemudian SQL juga dikembangan oleh Oracle, Informix dan Sybase. Dengan menggunakan SQL, proses pengaksesan database lebih user-friendly dibandingan dengan yang lain, misalnya dBase atau Clipper karena mereka masih

menggunakan perintah-perintah pemrograman murni.

Ada beberapa pengertian MySQl yang bisa memperkaya pengetahuan :

  • MySQL tergolong software open source dengan lisensi General Public License (GPL).

GPL adalah lisensi khusus untuk software untuk keperluan GNU. Sehingga tak salah bila MySQL banyak digunakan di dunia ini. Selain itu, MySQL juga mudah digunakan.

  • MySQL adalah software dengan system manajemen basis data SQL (DBMS)

yang memiliki kemampuan untuk multithread, dan multi-user. Bahkan MySQL mampu mengelola system dengan jumlah mencapai 40 buah database, dimana bisa berisi lebih dari 10.000 tabel dan dengan 500 di antaranya memiliki 7 juta baris.

  • Wikipedia mendefinisikan MySQL sebagai software sistem manajemen basis data SQL.

Kelebihan dan Kelemahan MySQL

Kelebihan MySQL

Adapun kelebihan MySQl dalam penggunaanya dalam database adalah:
  1. Free atau gratis sehingga MySQL dapat dengan mudah untuk mendapatkannya.
  2. MySQl stabil dan tangguh dalam pengoperasiannya
  3. My SQl mempunyai sistem keamanan yang cukup baik
  4. Sangat mendukung transaksi dan mempunyai banyak dukungan dari komunitas
  5. Sangat fleksibel dengan berbagai macam program
  6. Perkembangan dari MySQl sangat cepat
Kelemahan MySQL
Selain kelebihan yang disampaikan diatas, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mySQl, diantaranya:
  1. Kurang mendukung koneksi bahasa pemrograman seperti Visual basic atau biasa kita kenal dengan sebutan VB,
  2. Foxpro, Delphi dan lain-lain sebab koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari bahasa pemrograman visual tersebut.
  3. Data yang dapat ditangani belum besar dan belum mendukung widowing function.

Fungsi MySQL

Bagi yang terbiasa menggunakan SQL, pasti tahu betul apa fungsi MYSQL.

Secara umum, MYSQL memiliki fungsi untuk membuat, mengelola dan mengakses database secara terstruktur dan otomatis. Kemampuan paling menonjol MySQL terletak pada kemampuanya dalam mengelola suatu data secara String (text based)

yang bisa diakses pribadi maupun umum dalam suatu web.

Bisa dipastikan, hampir semua penyedia server web atau host memberikan fasilitas MySQL bagi para developer web untuk pengelolaan database di websitenya.

Di dunia web, tampilan muka atau interface My SQL disebut dengan phpMyAdmin. Beberapa contoh penggunaan MySQL bahkan bisa ditemui di E-Commerce, Blog atau CMS.

Kemampuan dari MySQL

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa MySQL bukanlah satu-satunya tool untuk mengolah SQL. Tetapi MySQL banyak dipilih para pengguna karena memiliki fitur atau kapabilitas tertentu.

Salah satu yang paling menonjol adalah kemampuan MySQl yang multi-platform dan berlisensi GPL. Itu artinya MySQL hampir bisa digunakan oleh semua OS komputer. Apalagi kinerja MySQL juga cukup tinggi dalam memproses query-query.

Beberapa fitur lain yang ada di MySQL misalnya:
  1. Float,
  2. Double,
  3. Chart,
  4. Date dan lain – lain.

Terlebih lagi, MySQL juga mendukung penggunaan field dalam bentuk index dan memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

Mungkin itu saja artikel yang dapat www.buatwebsitemurah.com informasikan, semoga bermanfaat.