Pengertian

Pada saat kita melakukan pengembangan website menggunakan WordPress, kita mungkin menjumpai pingback dalam hasil WordPress yang kita buat.

Apa itu Pingback?

Pingbacks memberikan software (wordpress) kemampuan untuk berkomunikasi antara website. Pingbacks juga bekerja dalam situs Anda.

Jadi jika salah satu postingan Anda mempunyai link ke postingan orang lain, maka WordPress akan mengirim pingback juga kesitus Anda. Jadi, pingback merupakan notifikasi yang aktif secara otomatis.

Cara Kerja Pingback?

Di sini kami akan coba membuat ilustrasi tentang cara kerja pingback – anggap saja pingback sudah diaktifkan di situs WordPress.

  1. A menulis postingan dan menautkannya ke postingan lain di website atau blog milik B.
  2. Blogger A mempublish postingan tersebut.
  3.  WordPress akan mengirimkan pingback ke website B.
  4. Pingback akan muncul di bawah bagian komentar dari postingan yang ditautkan.

    Kemunculan pingback seolah-olah mengatakan, “Halo, saya baru saja menautkan halaman ini di postingan blog saya”.

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah pingback merupakan fitur asli atau bawaan dari platform WordPress. Jika ingin melakukan hal serupa di platform lain, misalnya Blogger, gunakanlah trackback.

Hanya saja, cara kerja pingback dan trackback berbeda. Trackback tidak berfungsi secara otomatis. Berikut ilustrasinya:

1. A (user WordPress) menulis postingan dan ingin menautkannya ke postingan tertentu di website B (Blogger).

2. A membuka postingan B dan mencari URL trackback di sekitar area komentar.

Tampilan fisik trackback sedikit berbeda karena memuat kutipan konten. Sebaiknya, gunakan URL yang spesifik untuk trackback dan bukannya URL dari kolom alamat browser (address bar). Selebihnya, pingback dan trackback hampir sama.

Menonaktifkan Pingback

1. Menonaktifkan Pingbacks WordPress Menggunakan Plugin

Ada plugin yang bernama plugin Disabler. Silahkan download, install lalu aktifkan plugin disables tersebut, selanjutnya masuk ke halaman Settings » Disabler untuk melakukan konfigurasi plugin.

Pada halama pengaturan Disabler Anda akan melihat plugin ini memiliki beberapa kemampuan untuk menonaktifkan beberapa fitur WordPress.

Silahkan scroll ke bagian Back End Settings dan centang kotak di samping untuk menonaktifkan pingbacks dan trackbacks. dan klik tombol save changes.

Setelah itu coba lakukan link ke artikel Anda yang lain, dan Anda tidak akan melihat lagi pemberitahuan dan pingbacks pada halaman comments situs Anda.

Kelebihan menggunakan plugin Disabler ini, Anda mendapatkan banyak sekali fitur untuk menonaktifkan beberapa fungsi yang tidak begitu penting terdapat di WordPress, berikut beberapa fitur dari Disabler :

Front End Settings

  • Texturization (including Smart/Curly quotes, EM dash, EN dash, and ellipsis)
  • The automatic capitalization of the P in WordPress (WordPress 3.0+ only)
  • The that is automatically inserted paragraph html code

Back End Settings

  • Self Ping
  • Autosaving of posts
  • Post Revisions
  • RSS Feeds
  • XML-RPC

Privacy Settings

  • Outputting WordPress version in your blog headers
  • Sending your blog URL to WordPress when checking for updates on core/theme/plugins

2. Nonaktifkan Pingbacks Melalui Settings

WordPress memungkinkan Anda untuk menonaktifkan pingbacks di situs Anda. Dengan menggunakan opsi ini akan menonaktifkan fitur pingback di situs Anda.

Silahkan masuk ke menu Settings » Discussion.

Di bawah Default bagian pengaturan artikel, hapus centang kotak di sebelah “Attempt to notify any blogs linked to from the article” dan “Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks)“.

Klik tombol save changes untuk menyimpan perubahan pengaturan Anda.

Berikut diatas adalah dua cara menonaktifkan pingbacks di WordPress, jika Anda memang hanya ingin menonaktifkan pingbacks saya saya sarankan untuk menggunakan cara kedua, karena tidak perlu menginstall plugin.

Namun jika Anda ingin mendapatkan fitur berlebih, Anda bisa menginstall plugin Disabler, karena plugin tersebut mempunyai banyak fitur lain yang lebih lengkap.