Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda - Buat Website Murah | Jasa Pembuatan Website Murah | Buat Toko Online Murah

Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Anda

Digital Millennium Copyright Act atau disingkat DMCA adalah segel perlindungan ditempatkan di situs web Anda yang mencegah pencuri mencuri konten Anda.

Termasuk didalamnya adalah DMCA Protection Badge. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan perlindungan DMCA?, menurut wikipedia Digital Millennium Copyright Act (DMCA)

adalah undang-undang yang disahkan oleh Kongres Amerika Serikat pada Oktober 1998 yang membuat perubahan besar pada Undang-Undang Hak Cipta AS.

Undang-undang ini mengatur kekayaan intelektual digital, dan tidak ada keraguan bahwa itu telah mengubah cara dunia internet bekerja saat ini.

Sebagai gambaran sederhana seperti ini, katakanlah Anda adalah seorang blogger yang menulis konten kemudian ada seseorang menyalin isi konten website Anda.

Dalam pengertian luas bahwa seseorang menyalin isi konten website Anda tanpa seizin bahkan lebih parah mencuri keseluruhan isi konten bahkan semua tulisan termasuk gambar.

Bagaimana rasanya? Haruskah Anda mengabaikannya? Lalu apa yang bisa dilakukan? sekarang tindakan seperti ini bisa Anda laporkan apabila Anda mengalami masalah tersebut.

Dalam situasi seperti ini, jangan biarkan siapapun mengambil keuntungan dari kerja keras Anda dengan cara mengajukan permintaan penghapusan melalui DMCA untuk menghapus

konten yang dicuri tadi. Sebelum membahas cara daftar DMCA untuk melindungi konten Website Anda ada baiknya Anda baca penjelasan dibawah.

APA YANG DILINDUNGI OLEH DMCA , atau Digital Millennium Copyright Act, melindungi karya kreatif di internet dan berisi landasan hukum untuk manajemen hak dalam

karya digital. DMCA melindungi pemilik hak cipta dan penyedia layanan internet (ISP), atau dikenal sebagai penyedia layanan online.

Ketika pemegang hak cipta mengetahui adanya pelanggaran, pemberitahuan penghapusan DMCA dikeluarkan untuk layanan yang menampung situs web yang melanggar atau ke

penyedia layanan internet (ISP) dari pelanggar. Materi yang melanggar juga dapat dihapus dari hasil pencarian dengan mengeluarkan pemberitahuan ke mesin pencari.

Kemudian yang jadi pertanyaan selanjutnya: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghapus konten setelah pemberitahuan DMCA? Yang paling umum adalah di bawah 72

jam (kecuali hari libur) tetapi dalam banyak kasus terdapat juga sampai setidaknya satu minggu bahkan lebih.

Untuk diketahui bahwa Digital Millennium Copyright Act (DMCA) berisi dua bagian utama yang telah menjadi sumber kontroversi tertentu sejak diberlakukan pada tahun 2000.

Ketentuan “anti-pengelakan”. Dari Undang-Undang Hak Cipta) melarang akses kontrol dan langkah-langkah perlindungan teknis.

DAFTAR DMCA Sebagai langkah-langkah untuk melindungi konten website Anda dari pembajakan yang diperlukan melakukan cara mendafar atau membuat blog dengan

memasang DMCA protect Bridge.

Adapun cara-cara memasang DMCA protect Bridge Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah mudah dibawah ini:

1. Kunjungi laman DMCA

ada laman : https://www.dmca.com/ Anda akan diarahkan ke “Daftarkan Lencana Perlindungan Anda”.

Disana menyebutkan “Apabila isi atau konten Anda dicuri saat dilindungi oleh DMCA Bridge, DMCA akan melakukan Takedown tanpa biaya*”

2. Copy & Paste Kode Anda

Apabila Anda ingin lindungi Situs Web Anda Dengan Lencana DMCA.Com Gratis silahkan copy dan paste kode untuk Anda tempatkan di widget Anda.

Anda bebas menempatkan kode tersebut di sisi yang Anda anggap tampak oleh pengunjung Anda.

3. Daftarkan Lencana Perlindungan Anda

Anda dapat melewati langkah-langkah nomor dua apabila Anda ingin mendaftar dan memasang lencana perlindungan atau Protection Badge dengan metode

berikut:

  1. Masukkan Nama lengkap Anda menyesuaikan kolom :
    – First Name untuk Nama depan Anda
    – Last Name untuk Nama belakang / Keluarga Anda
  2. Masukkan Alama Email Anda pada kotak Email Address.
4. Pasang Kode Anda

Silahkan pilih bridges atau lencana yang Anda ingin pasang di blog Anda. Apabila Anda telah memilih itu maka lakukan langkah-langkah kedua diatas.

Atau apabila Anda tidak ingin repot dan cepat Anda dapat memilih “Add to Blogger” Agar kode terpasang langsung di situs Anda.

Mengapa Kita Membutuhkan DMCA?

Salah satu alasan bagus untuk menggunakan DMCA adalah faktor aksesibilitasnya. Siapa pun dapat saja melindungi konten atau data mereka melalui layanan penghapusan DMCA.

Prosesnya juga sebenarnya mudah diikuti dan biasanya bisa diurus dalam waktu yang tidak lama-lama.

Prosedur itu sendiri benar-benar gratis, sehingga Anda sebagai pemilik konten tidak perlu menyewa pengacara atau bahkan membayar biaya pengadilan jika saja terjadi pelanggaran hak cipta konten.

Salah satu hal terbaik tentang hal ini adalah meskipun Anda tidak memiliki hak cipta terdaftar, Anda masih bisa meminta perlindungan DMCA.

Perlindungan DMCA mencakup semua jenis konten yang dapat dilanggar secara online yaitu konten digital yang tidak termasuk dalam fair use.

Ini termasuk data pribadi, konten (gambar, audio, video, dan lain-lain), bahkan juga termasuk software.

Perlu diingat, DMCA adalah metode perlindungan konten setelah terjadi pelanggaran hak pada konten Anda. DMCA bukan sebuah metode pencegahan.

Meski begitu, Anda bisa memiliki pemilihan untuk mendapat badge atau lambang DMCA di website Anda yang bisa menjadi peringatan sehingga orang-orang akan berpikir dua kali

sebelum berniat buruk untuk mencuri konten Anda. Mungkin itu saja artikel yang dapat www.buatwebsitemurah.com informasikan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat 🙂