Cara merawat website - Buat Website Murah | Jasa Pembuatan Website Murah | Buat Toko Online Murah

Cara merawat website

R. Higgins & R. Keith Mobley mengatakan :

 

Maintenance atau pemeliharaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan agar peralatan selalu memiliki kondisi yang sama dengan keadaan awalnya. Maintenance juga dilakukan untuk menjaga peralatan tetap berada dalam kondisi yang dapat diterima oleh penggunanya. (Maintenance Enginering Handbook, Sixth Edition McGraw-Hill, 2002). Dapat disimpulkan bahwa maintenance atau pemeliharaan suatu web site di lakukan secara terus-menerus atau secara berkala sesuai dengan jadwal pemeliharaan.

Website diibaratkan sebagai rumah kedua bagi pemiliknya. Supaya setiap tamu yang mengunjungi website kita merasa nyaman, maka kita harus memelihara website tersebut dengan sebaik-baiknya agar pengunjung betah dan nyaman saat berkunjung. Selain itu, kita juga dapat mengisi website dengan konten yang bermanfaat atau dibutuhkan oleh pengunjung. Sehingga pengunjung akan merasa betah, nyaman, dan berlama-lama di website kita. Sebagai pemilik website, tentunya kita tak ingin pengunjung hanya sekali mengunjungi atau numpang lewat saja bahkan sampai tidak pernah berkunjung kembali. Melainkan website yang kita miliki selalu ramai dengan pengunjung, apalagi jika website tersebut digunakan sebagai bisnis atau situs e-commerce. Nah, bagaimana sih cara merawat website yang baik dan mudah? pasti banyak diantara kita yang bertanya seperti itu,

berikut beberapa cara mudah untuk merawat website, antara lain:

1. Perbaharui Isi Dari Website

Update & Maintenance Content / Produk baru, yang anda miliki kedalam halaman website anda secara berkala ketika ada Content atau produk baru yang ingin anda tampilkan. Semakin sering isi website tersebut di update, maka akan semakin sering perawatan website tersebut.

2. Update Tampilan Website

Memperbaharui tampilan dari website yang dibuat sehingga pengunjung website tidak merasa bosan.

3. Melakukan Back Up Data

Hal ini bertujuan agar content atau data-data yang ada tidak hilang ketika terjadi kesalahan atau error terhadap web site yang disebabkan oleh virus, human error, serangan hacker, dan faktor lainnya.

4. Melakukan Monitor Statistik Website

Dengan cara melakukan monitor statistik website, maka Anda dapat memantau halaman apa yang menjadi pengunjung, error log yang terjadi pada saat pengunjung memasuki website, dan juga hal – hal lainnya. Melalui pemantauan tersebut, Kita akan mendapatkan data – data yang bermanfaat untuk pengembangan website.

5. Penambahan Fitur – Fitur Yang Menarik

Menambahkan fitur- fitur yang menarik pada website yang dibuat, seperti forum diskusi, fasilitas chatting, dan fasilitas lainnya.

Mungkin banyak yang bertanya mengapa sih harus dilakukakkan perawatan (maintenance) website?
Berikut ini adalah beberapa alasan tentang perlunya melakukan perawatan (maintenance) website secara profesional:

  • Google sekarang lebih selektif dalam menampilkan hasil pencarian
  • Pelanggan ingin mendapat respon yang cepat dari pegelola
  •  User ingin mendapat informasi up to date dari website
  • Social media merupakan tempat untuk berkumpul sebagian besar pengguna internet
  • Kebutuhan industri untuk merubah tampilan/fungsi website dengan cepat
  • Serangan virus dan hacker terhadap website meningkat
  • Hosting membutuhkan perawatan
  • Backup berkala data website

Demikianlah tips untuk pemeliharaan isi website dari https://www.buatwebsitemurah.com. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat. Selamat belajar.