Cara Simple Mempercepat Loading Speed Website - Buat Website Murah | Jasa Pembuatan Website Murah | Buat Toko Online Murah

Cara Simple Mempercepat Loading Speed Website

Pernahkah Anda mengakses sebuah website, tapi ternyata loadingnya cukup memakan waktu? Bukankah Anda akan merasa kesal?

Apalagi jika membutuhkan sebuah informasi penting bagi usaha / bisnis Anda. sangat menyebalkan bukan?

Ternyata ada banyak hal yang bisa membuat sebuah website memiliki loading speed yang cukup lama, entah itu karena masalah koneksi atau memang website tersebut sedang

mengalamai overload. Bagi Anda yang memiliki sebuah website tentunya tak ingin website yang dipunyai memiliki masalah yang sama bukan?

Menurut penelitian, loading speed website yang lama bisa berpengaruh pada kegiatan yang user lakukan di website Anda, apalagi jika kegiatan yang dilakukan adalah membeli produk

yang dimiliki. Untuk bisa mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda mengetahui dahulu cara simple untuk mempercepat loading speed pada website Anda:

1, Kurangi Resolusi Gambar

Cara pertama adalah mengurangi resolusi gambar yang ada pada website Anda. Usahakan agar gambar yang Anda miliki tidak lebih dari 3MB.

Pastikan setiap gambar pada website Anda sudah dioptimasi dari segi ukuran dan juga resolusi.

Gambar yang berukuran kecil memberikan dampak yang cukup efektif dalam mempercepat loading speed website Anda.

Jika website yang Anda miliki adalah website e-commerce, maka maksimalkan proses optimasi gambarnya supaya proses atau kegiatan jual beli tidak terhambat oleh lamanya

loading speed website Anda.

2. Hapus Plugin Tidak Penting

Cara kedua adalah dengan menghapus plugin yang tidak diperlukan di website Anda. pastikan Anda selalu mengecek plugin apa saja yang terinstal dan hapus plugin yang Anda

rasa tidak perlu atau tidak memberikan efek apa-apa ke website Anda. plugin yang sedikit terbukti bisa mempercepat proses loading speed website Anda secara signifikan.

3. Pilih Layanan Hosting yang Professional

Percaya atau tidak, pilihan hosting website Anda juga berpengaruh ke kecepatan loading speed website Anda.

Sekarang ini sudah banyak muncul layanan hosting yang menyediakan layanan host website di server-server internasional ataupun lokal.

Tapi janganlah tergiur,pastikan Anda tanya terlebih dahulu bagaimana kestabilan koneksi antara server tersebut dengan kita dan juga kapasitas yang digunakan.

Pastikan bahwa layanan hosting yang Anda gunakan itu professional dan tidak abal-abal.

4. Gunakan Plugin Caching

Pernahkan Anda mengunjungi suatu website dimana pada saat pertama kalinya laoding website akan terasa berat dan lama, namun saat mengunjunginya lagi,

loading website tersebut lebih ringan dan website termuat lebih cepat dari sebelumnya?

Pertanyaannya, mengapa pada saat mengujunginya lagi loading website lebih cepat?

Itu adalah efek dari caching browser yang menyimpan file website yang sudah Anda kunjungi sebelumnya dan menampilkannya kepada Anda secara langsung,

alih-alih mendownload ulang file website yang baru.

Nah, bagsunya saat ini efek caching tersebut tidak hanya dapat diaktifkan melalui browser, namun Anda dapat mengaktifkannya di website dengan menginstal plugin caching.

5. Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

Website yang dihostkan pada server yang berlokasi di Indonesia, umumnya akan memiliki waktu akses yang lebih cepat apabila diakses dari Indonesia – karena jarak yang dekat.

Namun bagaimana kalau ada pengunjung Anda yang berlokasi diluar negeri, katakanlah di USA, UK atau bahkan di kutub utara mencoba mengakses website Anda?

Tentu saja website Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk termuat karena jarak yang jauh.

Lalu, bagaimana caranya agar website kita dapat diakses dengan cepat dari seluruh dunia?

Solusinya adalah dengan menggunakan CDN.

6. Gunakan Theme Website Cepat, Bagus dan Original

Sebenernya, taktik ini tidak selalu dapat diterapkan ke semua website, khususnya apabila Anda menggunakan custom design.

Tapi, seberapa besar dampak pengaruh theme website terhadap kecepatan loading webstie?

Yaitu, mampu meningkatkan kecepatan loading websitenya dari 630ms menjadi 172ms hanya dengan mengganti theme.

Dengan website yang sama, hosting yang sama, tidak ada perubahan lainnya selain mengubah theme dan ternyata ini sangat berdampak pada kecepatan website.

Jadi, setidaknya Anda perlu mempertimbangkan mengubah theme website Anda.

7. Perbaiki Seluruh Link Yang Rusak

Sebenarnya, link yang rusak tidak mempengaruhi kecepatan website Anda, namun link yang rusak dapat memberikan pengalaman pengguna yang buruk,

menguras bandwidth, meningkatkan bounce rate dan membuat pengunjung Anda pergi.

8. Gunakan CMS Yang Terpecaya

Pada akhirnya, CMS Anda adalah kerangka/framework website Anda.

Jika Anda hanya menggunakan HTML sederhana atau CMS yang dapat diandalkan seperti WordPress atau Drupal, maka saya jamin Anda akan baik-baik saja.

Maksud saya, apabila Anda menggunakan CMS yang belum terbukti atau kurang populer atau Anda membangun framework sendiri, Anda berisko memiliki website yang lambat.

Pastikan Anda untuk mengecek terlebih dahulu dengan melakukan pengetesan,

melakukan research dengan membaca banyak review yang terpecaya untuk memastikan bahwa CMS yang Anda gunakan sudah tepat dan dapat diandalkan.

Mungkin itu saja artikel yang www.buatwebsitemurah.com informasikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kemajuan website anda:)