Pengertian Domain dan Hosting serta jenis dan fungsinya

Mungkin banyak yang bertanya tanya tentang apa itu Hosting dan apa itu Domain ? Kali ini buatwebsitemurah.com akan menjelaskan Pengertian Domain dan Hosting, kita akan mengulasnya satu per satu

DOMAIN

Jika anda menjelajahi dunia website pasti anda akan mengenal dengan istilah Domain dan Hosting. Pengertian website itu sendiri adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan (home page) menggunakkan sebuah browser. Bagi anda yang baru mulai menjelajah dunia website anda mungkin merasa asing dengan 2 istilah tersebut. Maka dari itu, artikel kali ini akan membantu anda untuk mengetahui apa itu Hosting dan Domain.

a. Pengertian Domain

Menurut beberapa para ahli domain memiliki pengertian sebagai berikut:
– Domain adalah nama unik yang dimiliki oleh sebuah website yang terdiri dari dua bagian dan dipisahkan oleh sebuah titik.(Yuhefizar)
– Domain adalah URL yang unik di internet sehingga situs anda bisa diakses oleh pengunjung di seluruh dunia.(Muhammad Tanzir Wilson)
– Domain adalah nama yang diketik untuk menampilkan website di layar monitor.(Andy Shera)

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat berarti, wilayah, daerah, dan ranah.

Pada dasarnya, domain diibaratkan sebagai alamat. Setiap komputer yang berhubungan akan memiliki alamat IP (IP Address). Akan tetapi, alamat IP yang berbentuk deretan angka sulit untuk dihafal. Karena, muncul nama domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses internet.
Beberapa istilah yang berhubungan langsung dengan domain pada SEO. diantaranya:

– Root Domain, adalah top level hierarchy sebuah domain atau bisa juga disebut domain “akar” yang dibeli dari registar.
– Subdomain, adalah “third level” sebuah nama domain yang merupakan bagian dari top-level domain yang lebih besar.
– Top-level domain (TLD), adalah extensions yang terkait dengan nama sebuah domain.
– Exact match domain (EMD), bisa diartikan bahwa kata kunci yang kita bidik persis sama dengan domain.
– Keyword on domain (KOD), yaitu kata kunci berada pada domain.
– Branded domain, adalah domain yang berdiri sendiri, keunikan tersendiri dan bisa jadi merupakan brand anda.

b. Jenis Domain

Dalam penamaannya, domain terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ekstensi atau kata yang berada dibelakang domain seperti .com, .net, .org dan lain-lain yang disebut TLD (top level domain). Ada dua jenis Top Level Domain (TLD), yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).
gTLD adalah domain yang akhiran .com, .net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD yang dikhususkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id dll) atau Jepang dengan kode jp (co.jp, ne.jp, or.jp dll), nama domain sangat penting sekali sebagai identitas awal sebuah website. jadi bagi Anda yang ingin membeli sebuah nama domain sebaiknya mencari nama dengan hati-hati dan disesuaikan dengan website yang ingin dikembangkan.

c. Fungsi Domain

Fungsi Domain itu sendiri yaitu untuk, mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu situs web serta mempermudah mengingat alamat situs web yang akan diakses daripada harus menggunakkan sederetan angka-angka rumit yang disebut Alamat IP.

  • ¬†HOSTING

Setelah kita mengetahui tentang pengertian, jenis, dan fungsi domain selanjutnya kita akan membahas tentang hosting. akan kami ulas di pembahasan berikut ini.

a. Pengertian Hosting

Hosting merupakan layanan yang menyediakan tempat menjalankan aplikasi atau penyimpanan data pada server yang bisa diakses dengan koneksi internet, penggunaan hosting sendiri yaitu untuk keperluan penyimpanan aplikasi website, file transfer pada FTP, pusat data email, sederhananya hosting adalah tempat untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan dalam mengelola sebuah blog atau website.

b. Jenis Hosting

Hosting dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

– Shared Hosting, adalah jenis hosting yang berbayar.
– Virtual Private Server (VPS), hosting jenis ini tidak jauh berbeda dengan Shared Hosting hanya saja yang menjadi perbedaannya yaitu sumber daya yang di gunakan lebih tinggi kualitasnya.
– Cloud Hosting, jenis hosting yang memiliki banyak server.
– Dedicated Server, hanya satu server saja yang digunakan.
– Colocation Server, mirip dengan dedicated server hanya saja colocation server harus menyiapkan sebuah server sendiri yang nantinya akan ditempatkan oleh penyedia layanan hosting.

c. Fungsi Hosting

Setelah mengetahui pengertian dan jenis hosting, diantara kita pasti akan bertanya-tanya “apa sebenarnya fungsi hosting?”, fungsi hosting akan dijabarkan secara sederhana sebagai berikut:

– Tempat menyimpan data
– Menjaga agar situs dapat diakses selama 24 jam (tetap online)
– Alamat akses data situs
– Membuat website
– Membuat email profesional
– Meningkatkan performa website
– Melindungi website dengan ssl

Kemudian yang harus diketahui dari hosting yaitu, bandwidth yang disediakan oleh perusahaan web hosting ini. yang dimaksud dari bandwidth itu sendiri yaitu ukuran dari bebebrapa banyak informasi yang dapat diakses dari website kita.

Jadi, secara sederhana perbedaan domain dengan hosting dijelaskan seperti ini,
Domain merupakan sebuah alamat yang kerap digunakkan untuk menuju suatu tempat data, sedangkan Hosting adalah ruang dalam suatu server komputer yang dipakai untuk penempatan data, file atau informasi tersebut.

Mungkin sekian untuk artikel Pengertian Domain dan Hosting, semoga artikel tentang Pengertian Domain dan Hosting bermanfaat