Pengertian, Fungsi, serta Tujuan Iklan - Buat Website Murah | Jasa Pembuatan Website Murah | Buat Toko Online Murah

Pengertian, Fungsi, serta Tujuan Iklan

Pengertian Iklan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah sebuah media untuk melakukan promosi barang, jasa, benda, produk, dan juga tempat usaha serta ide menarik yang dibayar oleh sponsor.

Iklan sendiri menjadi cara efektif dalam bidang pemasaran dan marketing dengan tujuan menarik minat konsumen agar membeli produk baik itu barang dan jasa yang kita jual.

Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online.

Beberapa media tersebut diantaranya Koran, Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.

Pada umumnya iklan berbentuk informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lainnya, dengan kompensasi biaya tertentu.

Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.

Pengertian Iklan menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa arti iklan maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah definisi iklan menurut para ahli:

1. Rhenald Kasali

Menurut Rhenald Kasali, pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk/ jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan melalui suatu media.

2. Kotler

Menurut Kotler, pengertian iklan adalah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide, secara non-personal oleh suatuk sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media.

3. Courtland L. Bovee

Menurut Courtland L. Bovee, pengertian iklan adalah suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif tentang suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

Tujuan Iklan

secara garis besar tujuan dari iklan adalah untuk membujuk atau mendorong orang lain agar menjadi tertarik untuk menggunakan suatu produk/ jasa.

Mengacu pada pengertian iklan di atas, adapun tujuannya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide.

Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.

2. Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Syarat-Syarat Iklan

Munculnya iklan tidak terjadi begitu saja, agar sebuah iklan dapat dikatakan baik maka harus mengandung syarat-syarat berikut ini:

1. Iklan harus bersifat Obyektif, proporsional, dan jujur.
2. Iklan harus berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah dipahami khalayak ramai.
3. Iklan sebaiknya dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian dan minat masyarakat.
4. Iklan seharusnya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/ produk lain.

Fungsi Iklan

Melalui iklan, produk yang kita tawarkan akan disusun sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen dan calon pembeli.

Kebanyakan dari mereka akan penasaran dan mengingat produk yang anda tawarkan berkat adanya iklan. Iklan yang unik bisa menambah daya tarik dari produk yang anda tawarkan.

Sebenarnya, inti dari adanya iklan adalah untuk menawarkan barang dan jasa agar orang orang bisa tahu dan menggunakan barang dan jasa yang anda tawarkan.

Iklan ini mengandung makna persuasif yang dapat mengajak orang orang untuk menggunakan, membeli, dan mengambil manfaat dari barang yang ada iklankan.

Jika anda mau mengamati tiap tiap iklan yang ditayangan di televisi atau di radio, tentunya anda akan paham bahwa tujuan utama dari adanya iklan tersebut adalah untuk memberikan sebuah penawaran dari pelaku usaha

kepada masyarakat untuk dapat membeli, memakai, atau hanya sekedar mengetahui produk barang dan jasa yang dijual oleh mereka.

Iklan dalam Perusahaan

Terdapat beberapa jenis iklan yang dikenal dalam ilmu periklanan. Iklan ini kebanyakan akan dibuat seunik mungkin dan sekreatif mungkin agar produk yang ditawarkan dapat dengan mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat.

Bahkan tidak jarang, iklan akan dibuat sedemikian rupa agar orang orang menjadi penasaran dan akhirnya membeli produk yang kita tawarkan tadi.

Jika anda mempunyai suatu barang atau jasa yang ingin dijual, maka kebanyakan orang akan mengetahui produk yang anda jual melalui jasa periklanan.

Maka dari itu, adanya iklan menjadi sebuah peran yang sangat penting dan krusial dalam hal menjalankan usaha dan memperkenalkan produk yang anda punya pada masyarakat.

Sebuah perusahaan atau pelaku usaha tentunya akan membuat anggaran tersendiri yang tidak sedikit untuk beriklan, mulai dari puluhan juta rupiah sampai dengan miliaran rupiah.

Semua itu dikeluarkan demi mendapatkan simpati dari masyarakat dan akhirnya produk yang ditawarkan laku di pasaran yang mendatangkan keuntungan berlipat lipat bagi pelaku usaha yang bersangkutan.

Iklan diadakan supaya pasar penjualan produk menjadi lebih besar dan lebih luas.

Berbicara tentang iklan, www.buatwebsitemurah.com menyediakan jasa pembuatan web iklan dengan harga murah tetapi dengan kualitas yang tidak murahan.

Kami membuka jasa desain website sejak 17 Februari 2010 (bisa dicek di whois.net), dan hampir semua klien kami merasa puas dengan desain website dari kami, karena desain kami memang sangat cantik dan elegan.

Lebih lengkap lagi bisa dilihat di sini:
https://www.buatwebsitemurah.com/portofolio/

Demo website:
https://www.buatwebsitemurah.com/website-iklan/

Langsung order yuk di sini:
Didik: https://wa.me/6285227272999
atau
Yosi: https://wa.me/62895343267179
atau
Diyan: https://wa.me/6287888519041

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.