Pengertian litespeed web server | Kelebihan & Kekurangan

Pada artikel kali ini buatwebsitemurah.com  akan membahas tentang Pengertian Litespeed Web Server yang merupakan teknologi web server yang dapat mempercepat akses server yang dapat mempercepat akses server 50 kali lebih cepat dibanding dengan server lainnya.

Yang ditawarkan oleh teknologi litespeed web server adalah performanya yang tinggi, cepat ringan, stabil, serta handal dalam menangani pekerjaan yang berskala tinggi.

Pengertian Litespeed Web Server

Beberapa tokoh dan juga ahli komputer yang memberikan sedikit pengertian dan juga definisi mengenaiweb server, berikut ini adalah beberapa pengertian dan definisi web server menurut beberapa tokoh:

  • Solochin

Adalah sebuah perangkat lunak yang terinstall di dalam komputer server, yang berfungsi untuk menerima permintaan dan juga request berupa halaman website

melalui HTTp atau HTPPS dari user atau client, dan kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web yang berbentuk dokumen HTML.

  •  Khairil

Adalah suatu softwere atau perangkat lunak yang menjadi tulang belakang atau tulang punggung dari sebuah www atau world wide web.

Server akan akan menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser, kemudian melakukkan pemrosessan terhadap request tersebut dan kemudian menampilkannya kembali dalam sebuah browser,

sebagai hasil dari pemrosessan data yang telah dilakukkan.

  • Nugroho (2004)

Adalah sebuah bentuk dari server yang khusus digunakan untuk menyimpan halaman website atau home page.

Litespeed merupakan sebuah terobosan baru dari teknologi Web Server yang memungkinkan bisa menggantikan web server yang selama ini kita kenal

dengan Apache Web Server. Seperti kita tau bahwa beberapa penyedia Hosting yang kita temui di Indonesia bahkan di luar Indonesia masih menggunakan Apache Web Server.

Macam-macam Web Server

Berikut ini macam-macam web server diantaranya:

– Apache
– Web server Litespeed
– Web server Nginx
– Web server IIS

Kelebihan dan Kekurangan Litespeed Web Server
Apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari Litespeed Web Server?, secara jelas kelebihan dan kekurangan dari Litespeed Web Server dapat dilist sebagai berikut:

Kelebihan:

– Kebutuhan hardwere yang tidak terlalu tinggi

Kebutuhan hardwere yang tidak terlalu tinggi berarti biaya kebutuhan website bisa ditekan dan difokuskan untuk keperluan lain.

– Mudah di pelajari

Softwere ini menggunakan format Apache yang sudah umum namun ditambah dengan panel control yang lebih mudah dikenal, sehingga proses mengingat fungsi panel dan tombol lebih cepat.

– Memiliki customer support (CS) dan komunitas yang cukup baik

Pelayanan yang diberikan tergolong cepat namun ramah dan juga tepat sasaran. jika CS sedang sulit dihubungi, komunitas Litespeed Web Server bisa dijadikan tempat untuk bertanya.

– Transisi yang mudah dari format Apache

Memberikan kemampuan untuk menggunakan panel dan kemampuan softwere yang lebih baik namun tanpa pusing memikirkan penggantian format.

Rata-rata orang yang sudah lancar menjalankan Litespeed Web Server hanya butuh waktu 15 menit untuk transisi dari Apache.

– Kualitas keamanan yang terjamin

Litespeed Web Server sudah dapat dilengkapi dengan mod keamanan, kemudahan penambahan mod
demi menghimdari DDoS dan connection throttling sangat penting demi kenyamaan penggunaan website.

– Memiliki kecepatan proses dan stabilitas yang dapat diandalkan

Litespeed Web Server memiliki stabilitas dan kecepatan diatas format lama yang menggunakan process based approachh.

Kekurangan:

– Harga yang cukup mahal

Litespeed Web Server menggunakan penjualan lisensi untuk softwere ini, jadi penggunaanya perlu untuk membayar secara berkala.

– Beberapa mod dan aplikasi yang digunakan di Apache dapat ditransisi. Jika website menggunakan mod yang tidak tercantum di Litespeed Web Server, hal ini akan merubah fungsi website yang sebelumnya.

Mungkin itu saja aartikel yang dapat saya buat, semoga artikel ini dapat berguna untuk menginformasikan tentang Pengertian, macam-macam,

serta kelebihan dan kekurangan dari Litespeed Web Server.