Pengertian serta fungsi Https

Apa itu HTTPS? Manfaat, Jenis-Jenis Website, dan fungsi HTTPS

Protokol internet itu terbagi menjadi dua,yaitu:

Http://
Https://

HTTP tidak memakai SSL, sedangkan HTTPS itu menggunakan SSL.

Namun secara spesifik, dan agar anda lebih mengerti maka langsung saja kita masuk ke tahap selanjutnya.

Yakni membahas:

  1. Pengertian HTTPS – apa itu HTTPS?
  2. Haruskah blog dan website menggunakan HTTPS?
  3. Jenis-jenis website yang harus menggunakan HTTPS
  4. Fungsi HTTPS

Sesuai daftar isi, maka yang pertama kita akan membahas tentang pengertian HTTPS

Pengertian HTTPS – Apa Itu HTTPS?

Secara detail, HTTPS adalah singkatan dari hypertext transfer protocol secure merupakan suatu protokol komunikasi dalam jaringan internet.

HTTPS dapat diartikan seperti bentuk protokol internet yang paling valid dan yang paling aman. HTTPS ini akan melindungi integritas serta kerahasiaan jeda situs dan komputer pengguna.

Dengan meggunakan HTTPS, maka data yang dikirimkan pada website ke pengunjung anda dijamin aman dan sebisa mungkin tidak dapat disadap dengan pihak lain.

Selain itu, dengan menggunakan protokol HTTPS, orang lain juga akan susah membajak isi dari data atau dokumen yang dikirim dari website ke pengunjung. Dalam artian, apa yang anda dapatkan dari sebuah website kemungkinan besar tidak berhasil dibajak atau dicuri oleh orang lain.

Misalnya seperti ini:

Anda pegang satu akun bank digital, dan di dalam akun itu berisi banyak uang tabungan anda. Masuk ke akun tersebut pun harus menggunakan password, sandi, dan keamanan-keamanan lainnya.

Maka dari itu, apakah rela memberikan password atau sandi akun tabungan anda tersebut pada orang lain?

Dan otomatis uang anda hilang dari genggaman anda, serta bisa juga anda tidak dapat lagi mengakses akun bank digital tersebut, karena kemungkinan password dan sandi akun itu telah diganti oleh orang lain.

Oleh sebab itu, peranan HTTPS sangat berperan penting dalam kasus ini. Untuk menghindari pembajakan password dan data-data lainnya, maka sebuah website wajib menggunakan protokol HTTPS.

Karena dengan HTTPS, seluruh data yang dikirimkan dari website akan terlidungi dengan sistem encrypt (pengkodean) melalui berbagai format sehingga tidak mungkin data-data anda dibajak atau disadap oleh orang lain.

Haruskah Blog dan Website Menggunakan HTTPS?

Untuk sebuah blog, protokol HTTPS bisa dikatakan berharga, tetapi bisa juga dikatakan tidak.

HTTPS Penting untuk sebuah blog karena:

HTTPS penting untuk sebuah blog, karena akan memberikan suatu pengalaman yang makin baik kepada pengguna dalam hal kevalidan informasi yang dibaca.

Hal ini memang tidak banyak diketahui oleh orang umum, akan tetapi orang yang mempunyai keahlian teknologi pasti mengerti betul perkara ini.

HTTPS juga penting untuk sebuah blog, karena itu menunjukan integritas website anda. Semacam, seberapa pedulikah anda melindungi lalu lintas internet pengunjung. Akan tetapi juga bukan berarti website yang tidak menggunakan HTTPS mengabaikan hal itu.

HTTPS tidak penting untuk sebuah blog karena:

HTTPS tidak penting untuk sebuah blog, karena sedikit sekali rasanya ada kasus seorang hacker mengubah data atau informasi dalam sebuah blog, kecuali informasi tersebut benar-benar penting.

HTTPS tidak penting untuk sebuah blog, Kebanyakan hacker tidak mau mengubah atau merusak data-data yang ada di blog. Karena tidak ada gunanya bagi mereka.

Jenis-Jenis Website yang Wajib Menggunakan Protokol HTTPS

Jika blog sebenarnya tidak diwajibkan menggunakan protokol HTTPS. Namun dilain sisi, HTTPS merupakan barang wajib untuk beberapa website.

Dan Inilah website-website yang wajib menggunakan HTTPS;

  • Toko Online

Untuk masuk ke dalam toko online sendiri kita diharuskan login terlebih dahulu, terus memasukan berbagai informasi mengenai kartu kredit untuk dapat membeli produk-produk di toko online tersebut.

Oleh sebab itu, untuk menghindari pembajakan data, toko online wajib menggunakan protokol HTTPS.

  • Situs (website) Perusahaan

Dalam situs perusahaan biasanya banyak menyimpan informasi-informasi kredibel yang ada sangkutpautnya dengan kelangsungan perusahaan tersebut.

Selain itu, situs perusahaan juga terkadang banyak menyimpan data-data kantor atau yang lainnya. Maka situs perusahaan sangat penting untuk menggunakan protokol HTTPS.

  • Situs (website) Pemerintahan

Sama halnya dengan situs perusahaan, situs pemerintah juga wajib menggunakan HTTPS. Sebab banyak menyimpan data-data dan informasi-informasi yang memang wajib dilindungi.

  • Sosial Media
  • Forum

Website-website diatas yaitu website yang wajib menggunakan protokol HTTPS. Karena dalam website itu, pemilikk website akan berhubungan langsung kepada pelanggan.

Sedangkan Untuk Fungsi HTTPS

Seperti yang telah disebutkan, bahwa protokol HTTPS ini memberikan lapisan perlindungan untuk keamanan data saat terjadi perpindahan dari server web ke komputer/mobile milik pengguna. Dan pengamanan data tersebut hanya bersifat temporer.

 

Mungkin itu saja yang dapat www.buatwebsitemurah.com informasikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita 🙂