Perbedaan Online Shop, Marketplace dan E-commerce - Buat Website Murah | Jasa Pembuatan Website Murah | Buat Toko Online Murah

Pada kesempatan kali ini BWM akan membahas Artikel tentang perbedaan Online Shop, Marketplace dan E-commerce.

 

Dengan bertambahnya perkembangan teknologi serta kemudahan yang di ciptakan oleh Internet, transaksi jual beli pun banyak di lakukan secara online.

Berbelanja secara online tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi pembeli. Hanya dengan terhubung ke internet, kita bisa langsung memilih barang apa yang cocok dan akan kita beli.

Ketika belanja secara online, kita akan menjumpai berbagai macam sistem yang diberlakukan oleh penjual. Ada yang memberlakukan sistem tanya jawab,

yaitu kita bebas menanyakan seputar produk yang kita beli langsung kepada admin, ada juga yang dengan sekali meng-klik tombol “beli”, secara otomatis kita terdaftar sebagai pembeli produk tersebut.

Tidak semua tempat belanja online kita sebut dengan online shop, bahkan ada yang disebut e-commerce dan marketplace.

Apakah anda pernah mendengar istilah online shop, marketplace, dan e-commerce. Pasti satu diantara kita ada yang bertanya sebenarnya apa sih perbedaan Online Shop, Marketplace dan E-commerce?

Berikut adalah penjelasannya:

Pengertian Online Shop

Pada umumnya orang akan berpendapat segala aktivitas belanja yang dilakukan secara online dapat dilakukan di online shop.

Pada kenyataannya, tidak hanya melalui online shop, namun kita juga bisa belanja melalui e-commerce dan marketplace.

Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung,

dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Di beberapa online shop, biasanya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut.

Ada juga online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga suatu produknya.

Pengertian Marketplace

Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online.

Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya.

Di website inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop.

Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah

harga yang tercantum. Pada sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop.

Pengertian E-Commerce

Sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website,

kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Bedanya adalah pada e-commerce, barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri.

Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka. Tidak ada tawar menawar dan harga yang diberikan adalah harga pas.

Pada dasarnya, Anda bebas menggunakan ketiga platform di atas. Anda sebenarnya juga bisa menggunakan semuanya secara bersamaan, selama Anda bisa mengelolanya.

Dari segi bisnis, selama Anda bisa meningkatkan brand awareness dan brand identity, bisnis Anda pasti akan terus berjalan dengan baik dan Anda tidak perlu takut kehilangan customer.

Pada dasarnya, Anda bebas menggunakan ketiga platform di atas. Anda sebenarnya juga bisa menggunakan semuanya secara bersamaan, selama Anda bisa mengelolanya.

Dari segi bisnis, selama Anda bisa meningkatkan brand awareness dan brand identity, bisnis Anda pasti akan terus berjalan dengan baik dan Anda tidak perlu takut kehilangan customer.

Teruntuk anda yang ingin memiliki Website https://www.buatwebsitemurah.com adalah solusi yang tepat, kami (www.buatwebsitemurah.com) sudah cukup berpengalaman dalam hal desain website dan sudah membuat

hampir 1.000 (seribu) website sampai saat ini, jadi tidak perlu di ragukan lagi 🙂