Selain WordPress 3 CMS Ini Bisa Menjadi Pilihan untuk Website Anda - Buat Website Murah | Jasa Pembuatan Website Murah | Buat Toko Online Murah

Selain WordPress 3 CMS Ini Bisa Menjadi Pilihan untuk Website Anda

Sebelum membahas mengenai CMS, lebih dahulu kita membahas mengenai bagaimana CMS berkembang dan menjadi salah satu pondasi berkembangnya jumlah website.

Saat ini sudah lebih dari 1,5 milyar website pada jaringan internet di seluruh dunia, namun dari total jumlah tersebut kurang dari 200 juta yang aktif.

Setiap harinya jumlah website semakin bertambah dan sampai dengan hari ini hampir menyentuh angka 2 milyar website.

Peningkatan jumlah website terjadi sangat signifikan pada tahun 2016 yang mana pertumbuhan dari 630 juga website menjadi 1,7 milyar website meskipun website yang aktif tidak terlalu berubah sekitar 170 juta website.

Petumbuhan ini didukung dengan kemudahan dalam pembuatan website. Seperti yang kita tahu bahwa website saat ini seperti menjadi kebutuhan yang penting dalam perkembangan bisnis.

Pembuatan website juga semakin mudah dengan adanya CMS (Content Management System).

CMS juga mempunyai peranan yang sangat besar dalam perkembangan teknologi informasi di seluruh dunia. Lebih dari 30% website di seluruh dunia menggunakan CMS sebagai rumahnya.

Content Management System

Content Management System (CMS) merupakan sistem managemen konten yang bisa digunakan untuk membuat website secara instant dan tidak perlu membutuhkan usaha yang berlebih.

Seperti mie instan pada makanan, CMS menjadi mie instan yang setelah dimasak menjadi website. Tidak membutuhkan waktu lama, dalam 60 menit sudah bisa mempunyai website sendiri menggunakan CMS.

CMS Website Gratis

Berdasarkan pencarian dari google trend, WordPress masih menempati peringkat pertama dalam pencarian CMS dibandingkan dengan Joomla, Drupal, Magento, dan Blogger.

Besarnya sangat jauh dibandingkan CMS lainnya. Bahkan total pencarian dari beberapa CMS tersebut tidak bisa sama bersaingan dengan WordPress.

WordPress merupakan CMS gratis yang paling banyak digunakan di dunia dan hampir tidak ada yang bisa bersaing dengan CMS ini.

Namun, ada beberapa CMS baru yang cukup mendapatkan perhatian bagi para pengguna, seperti Shopify dan Squarespace.

Akan tetapi kedua CMS ini masih sangat belum cukup bersaing dengan WordPress yang saat ini menjadi raja CMS.

Meskipun begitu, Shopify dan Squarespace tidak bisa dilupakan begitu saja karena kedua CMS ini mendapatkan pengikut yang cukup besar yang berkembang setiap tahun.

WordPress

WordPress merupakan CMS yang fleksibel, bisa digunakan sebagai website penjualan online, blog pribadi, dan website profil perusahaan.

WordPress menawarkan kemudahaan dalam pembuatan dan penyesuaian dengan kebutuhan pengguna. Tidak hanya itu, WordPress juga memberikan layanannya secara gratis dengan fitur yang sangat lengkap.

Open source menjadi nilai tambah untuk WordPress sehingga proses pengembangan bisa terus berjalan dan semua orang bisa berkontribusi dalam versi terbaru.

Kemudahan ini memberikan dampak juga terhadap semakin banyaknya plugin yang bisa digunakan sebagai fitur tambahan.

Tidak terkecuali fitur e-commerce seperti WooCommerce yang bisa ditambahkan pada CMS WordPress.

Selain WordPress 3 CMS Ini Bisa Menjadi Pilihan untuk Website Anda

Berikut ini adalah 3 list CMS selain WordPress yang bisa Anda jadikan sebagai back end website Anda:

1. Squarespace

Squarespace merupakan sebuah CMS berbasis SaaS besutan Anthony Casalena. Fitur yang diberikan oleh CMS ini sangatlah banyak, sehingga dapat memudahkan Anda untuk membangun website yang ideal.

Website yang bisa Anda buat dengan menggunakan bantuan CMS ini adalah e-commerce, blog, company profile, sampai portal.

Tapi perlu diketahui, untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ada pada CMS ini, Anda harus membayar biaya berlanggan.

2. Weebly

Weebly merupakan CMS atau content management system berbasis SaaS yang sangat cocok untuk digunakan pada website bisnis atau startup.

Fitur yang disediakan oleh CMS ini mulai dari SEO, GA (Google Analytic), sampai framework yang sangatlah mudah untuk dikustomisasi dan diatur.

Selain itu, Weebly juga memiliki ratusan apss atau plugin yang dapat membantu Anda mendesign website Anda menjadi lebih terlihat professional.

3. Wix

CMS kedua yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Wix. Wix merupakan CMS yang sangatlah mudah untuk digunakan dan spesialisasinya adalah website HTML5 yang search engine friendly.

Fiturnya juga tidak kalah lengkap dari WordPress dengan ribuan template professional yang bisa Anda pilih.

Selain itu, Wix juga menyediakan fitur free hosting untuk website yang sudah dibuat sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan masalah hosting.

Kira-kira itulah 3 pilihan CMS yang bisa Anda gunakan untuk website Anda selain WordPress. Selain 3 CMS diatas, Anda juga bisa menggunakan Joomla, IM Creator, atau Site Builder. Selamat mencoba!

Mungkin itu saja artikel yang dapat www.buatwebsitemurah.com informasikan, semoga bermanfaat 🙂